Cara Mengatasi Alergi Makanan Pada Anak

Cara Mengatasi Alergi Makanan Pada Anak

Cara mengatasi alergi makanan pada anak memang wajib diketahui oleh para orang tua. Hal ini bukan tanpa alasan karena reaksi yang timbul akibat alergi makanan ini seringkali akan menyebabkan rasa tidak nyaman terhadap penderitanya. Alergi jenis ini sendiri memang menjadi salah satu alergi yang banyak terjadi pada anak-anak.

Alergi makanan sendiri merupakan reaksi dimana sistem kekebalan tubuh salah dalam mengira protein dari makanan sebagai kandungan yang berbahaya untuk tubuh. Alergi makanan ini pun mempunyai sifat yang berbeda-beda. Mulai dari yang ringan hingga akut. Selain itu, kondisi ini pun bisa berlangsung dalam waktu lama maupun sebenarnya.

Faktor yang memicu alergi makanan pada anak

Alergi makanan yang terjadi pada anak ternyata disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya adalah

  1. Riwayat keluarga

Faktor pertama yang mengakibatkan anak mempunyai alergi terhadap makanan adalah disebabkan karena adanya riwayat keluarga yang mengidap eksim, asma, alergi debu atupun jenis alergi lainnya, maka seorang anak pun mempunyai risiko terkena alergi makanan lebih tinggi.

  1. Adanya riwayat alergi makanan

Faktor lainnya yang meningkatkan alergi makanan adalah adanya riwayat alergi makanan sebelumnya. Jika anda anda sebelumnya mempunyai alergi pada makanan tertentu maka bisa kambuh dikemudian hari.

  1. Faktor usia

Faktor usia juga bisa menjadi penyebab resiko alergi terhadap makanan. Bayi maupun anak-anak pun mempunyai risiko alergi terhadap makanan lebih tinggi. Hal ini tidak lain pada usia tersebut, saluran pencernaan si kecil belum bisa menerima makanan dengan baik.

Cara mengatasi alergi makanan

Karena adanya gejala atau reaksi yang tidak nyaman terhadap alergi tersebut, maka sebagai orang tua yang baik, anda wajib mengetahui bagaimana cara mengatasi alergi makanan pada anak. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Mencari tahu makanan penyebab alergi

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi alergi makanan pada anak adalah dengan mencari tahu makanan yang menyebabkan alergi tersebut. Umumnya terdapat jenis-jenis makanan yang bisa memicu timbulkan alergi seperti telur, kacang-kacangan hingga produk susu. Jika sudah, anda bisa meminta anak anda untuk menghindari jenis makanan yang menyebabkannya termasuk makanan olahan yang di dalamnya terdapat bahan penyebabnya.

  1. Dengan memberikan obat antihistamin

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi alergi makanan adalah dengan memberikan obat antihistamin. Jenis obat yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk meminimalisir gejala yang ditimbulkan akibat alergi makanan.

  1. Membawanya ke rumah sakit jika sudah parah

Jika reaksi alergi yang ditimbulkan akibat makanan tertentu tidak kunjung sembuh dan semakin parah, maka sebaiknya anda bisa membawanya ke dokter ataupun rumah sakit untuk mendapatkan penangan lebih lanjut. Dokter mungkin juga akan memberikan suntikan epinefrin untuk mengatasinya.

Alergi terhadap makanan memang tidak boleh anda sepelekan begitu saja terlebih lagi jika terjadi pada anak. Untuk itulah, anda wajib mengetahui bagaimana cara mengatasi alergi makanan pada anak.