Wajib Tahu! 4 Teknik Penyajian Kopi Americano

Wajib Tahu! 4 Teknik Penyajian Kopi Americano

Kopi Americano merupakan varian penyajian kopi hitam yang encer dan tidak terlalu pahit. Sajian kopi ini pas untuk Anda yang tidak terlalu suka kopi kental dan bercita rasa pahit yang kuat. Kini, kopi Americano dapat diracik dengan berbagai macam teknik sajian yang membuat kopi ini menjadi bervariasi. Simak macam teknik penyajiannya di bawah ini!

  1. Teknik Filter

Teknik pertama yang biasa digunakan untuk menyajikan Americano hanya dengan alat kertas dan bejana. Cara penyajian kopi yang tergolong sederhana dan praktis serta menghemat waktu. Sesuai namanya, teknik filter ini memiliki konsep menyaring kopi agar menjadi lebih nikmat tanpa ampas yang tersisa.

Caranya cukup dengan meletakkan kopi bubuk di dalam atau di atas kertas saring. Kertas saring ini sudah terpasang pada corong bejana kopi. Siapkan air panas dan tuang ke atas bubuk kopi dalam corong bejana. Kemudian kopi direndam dalam air panas dengan cara memanaskan bejana. Kopi siap disajikan dalam keadaan hangat dalam bejana.

  1. Teknik French Press

Teknik ini menggunakan alat khusus bernama French Press. Sama seperti sebelumnya, teknik ini tergolong  praktis dan tak menghabiskan banyak waktu namun tetap menghasilkan kopi yang nikmat. Hasil dari teknik ini akan membuat cita rasa kopi menjadi lebih kuat namun tak terlalu pahit. Aroma yang dihasilkan juga lebih kuat serta memiliki tekstur yang sedikit oily.

Caranya dengan memasukkan bubuk ke dalam French Press kemudian tuang air panas. Teko berisi air panas diposisikan lebih tinggi yang dimaksudkan untuk menghasilkan gelembung lebih banyak, sehingga aroma kopi semakin harum. Aduk kopi perlahan kemudian diamkan hingga 4 menit. Tutup alatnya, lalu ditekan perlahan dan kopi dapat dituangkan dalam cangkir.

  1. Teknik Turkish Coffee

Sesuai namanya, teknik ini dikenalkan dari Turki di abad ke 15 silam. Teknik ini juga dikenal dengan nama lain Arab Method yang memberikan hasil kopi bercita rasa tinggi dan pekat. Tak seperti teknik penyajian sebelum-sebelumnya, metode ini lebih lama namun tetap tidak memakan banyak waktu. Menciptakan varian Americano yang berbeda dari biasanya.

Caranya diawali dengan menggiling kopi secara manual  terlebih dahulu. Hasil dari gilingan kopi yang berupa bubuk dimasukkan dalam bejana. Tuang air dalam bejana dan tambahkan takaran gula sesuai selera. Aduk kopi kemudian didiamkan beberapa menit, kopi siap  dinikmati.

  1. Teknik Espresso

Teknik ini dapat dikatakan berbanding terbalik dengan teknik Turkish Coffee yang terbilang tradisional. Teknik satu ini menggunakan alat yang canggih sehingga lebih praktis dalam pembuatannya. Namun untuk mengoperasikan mesin ini butuh keterampilan dan akan menghasilkan rasa yang berbeda-beda meski dibuat  dengan mesin yang sama.

Si pembuat harus menggiling kopi dengan mesin ini, kemudian menakar bubuk kopi sesuai porsi yang diinginkan agar  menghasilkan rasa nikmat. Maka dari itu, meski menggunakan alat canggih namun tetap membutuhkan keterampilan dan latihan berkali-kali untuk membuat Americano dengan rasa pas dan nikmat.

Itulah keempat teknik dalam penyajian kopi Americano. Teknik yang dipilih disesuaikan dengan kebutuhan dan keterampilan pembuat kopi. Banyaknya teknik dalam penyajian akan memberikan variasi rasa pada kopi itu sendiri sehingga tak bosan menyantap jenis kopi yang sama setiap harinya.